Sebagaimana Al
quran telah disepakati , terdiri 30 juz
dan 114 surat. Adapun ayat dan dan
hurufnya belum disepakati.
Jumlah ayat Al Qur anSalah seorang pakar ulumul-Qur’an awal, as-Suyuti (w. 911 H/1505 M) dalam karya monumentalnya al-Itqan fi Ulumil-Qur’an mengutip pendapat Abu Amr ad-Dani (w. 444 H/1052 M), para sarjana Al-Qur’an menyepakati (ajma’u), jumlah ayat Al-Qur’an adalah 6.000 ayat, para ulama berbeda pendapat terkait lebihannya.[1] Pendapat ini juga dikuatkan oleh Ibnu Katsir.[2] Mengapa demikian? Menurut az-Zarkasyi (w. 794 H/1391 M) karena Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam terkadang berhenti pada akhir ayat karena waqaf, namun keesokan harinya Nabi tidak lagi berhenti (waqaf) pada tempat semula, bahkan menyempurnakan bacaannya, sehingga para sahabat yang mendengarnya menyangka berhentinya Nabi tersebut karena faktor akhir ayat (fasilah).
سبب اختلاف في
عدد الآي أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقف على رؤوس الآي للتوقيف فغذا علم محلها وصل للتمام فيحسب السامع حينئذ
أنها ليست فاصلة
Dalam
studi ulumul-Qur’an yang membahas disiplin ini lebih lanjut
didapati beberapa riwayat yang menginformasikan tentang pembahasan terkait.
Kajian yang secara khusus membahas hal ini setidaknya dapat dibaca dalam
kitab al-Bayan fi ‘Addi Ayil Qur’an karya Abu Amr ad-Dani (w.
444 H/1052 M), Nadzimatuz-Zahr karya as-Syatibi (w. 590 H/1194
M), al-Faraidul Hisan fi ‘Addi Ayil-Qur’an karya Abdul Fatah
Abdul-Gani al-Qadhi (w. 1403 H/1982 M), dan al-Muharrar al-Wajiz fi
‘Addi Ayil Kitabil-Aziz karya Abdur-Razaq Ali Ibrahim Musa yang
terinspirasi dari karya gurunya Muhammad al-Mutawalli (w. 1313 H/1895 M).
Abdur-Razaq
Ali Ibrahim Musa dalam al-Muharrar al-Wajiz fi ‘Addi Ayil Kitabil-Aziz (h.
47) menginformasikan bahwa para ulama berbeda pendapat tentang jumlah ayat
Al-Qur’an. Menurut pendapat terkuat kriteria dan jumlah pengelompokan ini
terkait erat dengan enam copy naskah Usmaniyah yang didistribusikan ke
beberapa garnisun wilayah Islam waktu itu (al-Amshar). Oleh karena itu,
hitungan Madinah ada dua (Madani Awal dan Akhir), Mekkah, Syam, Kuffah, dan
Basrah, demikian menurut ad-Dani. Sementara al-Ja’biri menambahkan satu lokasi
lagi, yakni hitungan dari daerah Hims. Dari kronologi ini kemudian para ulama
setelahnya menggenapkannya menjadi tujuh riwayat yang memberikan keterangan
tentang jumlah ayat dalam Al-Qur’an.
1. Al-Madani
(Madinah), hitungan jumlah ayat dalam kelompok ini dibagi lagi menjadi dua,
yaitu Madani AwaldanMadani Akhir.
a. Madani Awaldisandarkan pada riwayat Abu Amr
ad-Dani dengan jalur dari Imam Nafi dari riwayat Abu Ja’far bin Yazid
al-Qa’qa’dari Imam Syaibah bin Naskah, seorang anak laki-laki dari mantan
budaknya Ummu Salamah (istri Rasulullah), jumlahnya adalah 217 ayat;
b. Madani Akhirdisandarkan pada riwayat Abu Amr
ad-Dani dengan jalur dari Imam Nafi dari riwayat Ismail bin Ja’far dari
Sulaiman bin Jammaz dari Abu Ja’far dan Syaibah bin Nashah secara marfu dari
keduanya, jumlah ayatnya adalah 214 ayat.
2. Al-Makki
(Mekkah) disandarkan pada riwayat Abu Amr ad-Dani dengan jalur Abdullah bin
Katsir al-Makki dari Mujahid bin Jubair dari Ibnu Abbas dari Ubay bin
Ka’ab, 219 dan6.210 ayat. Jumlah 6.210 adalah
pendapat Ubay bin Ka’ab sendiri, mayoritas orang-orang Mekkah memakai hitungan
6.219, demikian komentar ad-Dani.
3. As-Syami
(Suriah) disandarkan dari riwayat Abu Amr ad-Dani dengan jalur Yahya bin Harits
ad-Dimari dari al-Akhfasy dari Ibnu Dzakwan dan al-Halwani dari Hisyam, Ibnu
Dzakwan dan Hisyam dari Abu Ayyub bin Tamim al-Qari dari Abdullah bin Amir
al-Yahshibi dari Abu Darda, jumlah ayatnya adalah 226 ayat;
4. Al-Kufi
(Kuffah, Irak) disandarkan dari riwayat Abu Amr ad-Dani dengan
jalur Hamzah bin Hubaib bin Ziyat dari Ibnu Abu Laila dari Abu Abdirrahman
bin Habib as-Sulami dari Ali bin Abi Talib, jumlah ayatnya adalah 236 ayat;
5. Al-Bashri
(Basrah, Irak) disandarkan dari riwayat Abu Amr ad-Dani dengan jalur ‘Ashim
al-Jahdari dan Atha bin Yasar, jumlah ayatnya adalah 204 ayat;
6. Al-Himsyi,
menurut al-Mutawalli disandarkan dari riwayat Syuraikh bin Yazid al-Himsyi
al-Hadrami. Sementara menurut Abdul Ali Mas’ul hitungan ini disandarakan kepada
Khalid al-Ma’dan seorang tabi’in senior dari Syam. Meski pun terjadi perbedaan
sumber, keduanya sepakat jumlah ayatnya adalah 232 ayat.
Tabel Jumlah Ayat dan Rawinya
No
|
Jumlah
Ayat
|
Kategorisasi
|
Rawi
|
1
|
6.217
|
Madani Awal
|
Nafi dari
riwayat Abu Ja’far bin Yazid al-Qa’qa’
|
6.214
|
Madani
Akhir
|
Nafi dari
riwayat Ismail bin Ja’far
|
|
2
|
6.219
|
Makki
|
Abdullah
bin Katsir al-Makki dari Mujahid bin Jubair
|
3
|
6.225
|
Syami
|
Abu Ayyub
bin Tamim al-Qari dari Abdullah bin Amir al-Yahshibi
|
4
|
6.236
|
Kufi
|
Hamzah bin
Hubaib bin Ziyat dari Ibnu Abu Laila dari Abu Abdirrahman bin Habib as-Sulami
|
5
|
6.205
|
Bashri
|
‘Ashim
al-Jahdari dan Atha bin Yasar
|
6
|
6.232
|
Himsy
|
Khalid
al-Ma’dan
|
Dari
beberapa riwayat di atas, yang sampai saat ini riil banyak dipakai dalam
penerbitan Al-Qur’an ada dua. Mazhab al-Kuffiyun yang diriwayatkan Hamzah bin
Hubaib bin Ziyat dari Ibnu Abu Laila dari Abu Abdirrahman bin Habib as-Sulami
dari Ali bin Abi Talib dengan jumlah ayat 6.236 ayat dan
Madani Awal disandarkan pada riwayat Imam Nafi dari riwayat Abu Ja’far bin
Yazid al-Qa’qa’, 6.217 ayat. Bertolak dari keadaan sekarang
yang hanya menyisakan dua mazhab dari tujuh riwayat, menurut ad-Dani pada
masanya (setidaknya dalam kisaran abad ke-5 hijriah) kelima mazhab hitungan ayat
di atas saat itu semuanya berlaku di kawasan bersangkutan.
Dua
mazhab ‘addul-ayi yang masih berkembang dapat dilihat sebagai
berikut. Mazhab pertama dipakai oleh mayoritas negara-negara
Muslim termasuk Mushaf Madinah terbitan Mujamma’ Malik Fahd dan Mushaf Standar
terbitan Indonesia. Mazhab kedua, setidaknya telah dipakai oleh
Mushaf al-Jamahiriyah dengan riwayat Qalun ‘an Nafi yang diterbitkan oleh
Libya. Selebihnya untuk masa sekarang tampaknya sudah tidak ada yang
menerapkannya lagi, dan hanya terdokumentasi dalam literatur-literatur
klasik ulumul-Qur’an, khususnya yang membahas addul-ayi.
Bagaimana
dengan jumlah 6.666 ayat?
Menurut
sebuah sumber, angka ini berasal dari keterangan Syekh Nawawi al-Bantani (w.
1316 H/1897 M) dalam kitabnya Nihayatuz-Zain fi Irsyadil-Mubtadiin.[6] Menurut
al-Bantani, bilangan ayat Al-Qur’an itu 6.666 ayat, yaitu 1.000 ayat di
dalamnya tentang perintah, 1.000 ayat tentang larangan, 1.000 ayat tentang
janji, 1.000 tentang ancaman, 1.000 ayat tentang kisah-kisah dan kabar-kabar,
1.000 ayat tentang ‘ibrah dan tamsil, 500 ayat tentang halal dan haram, 100
tentang nasikh dan mansukh, dan 66 ayat tentang
du’a, istighfar dan dzikir.[7]
Sumber lain
dengan jumlah yang sama tetapi dengan penjelasan berbeda adalah pandangan
az-Zuhaily dalam at-Tafsir al-Munir fil-‘Aqidah wasy-Syari’ah
wal-Manhaj,(2003, jilid 1/45), “membenarkan” jumlah ayat Al-Qur’an dalam (tariqah) hitungan
al-Kufiyyun adalah 6.236 ayat, namun demikian ia juga menyebutkan menurut (tariqah) hitungan
yang lain berjumlah 6.666 ayat. Perhitungan ini sepertinya didasarkan pada
kalkulasi pertimbangan isi keseluruhan ayat dalam Al-Qur’an. Dalam pandangan
ini, ayat-ayat Al-Qur’an dapat diklasifikasi dan dijumlahkan sebagai
berikut; al-amr (perintah) 1.000 ayat, an-nahy (larangan)
1.000 ayat, al-wa’d (janji) 1.000 ayat, al-wa’id (ancaman)
1.000 ayat, al-qasas wal-akhbar (kisah-kisah dan informasi)
1.000 ayat, al-ibr wal-amtsal (pelajaran dan perumpamaan)
1.000 ayat, al-haram wal halal (halal dan haram) 500
ayat, ad-du’a (doa) 100 ayat, dan an-nasikh
wal-mansukh 66 ayat.[8]
Dari
beberapa informasi dan telaahan di atas, dapat disimpulkan sementara terkait
jumlah bilangan ayat dalam Al-Qur’an. Pertama, jumlah 6.666 adalah
jumlah hitungan ayat Al-Qur’an berdasarkan kandungan isi ayat dari sebagian
ulama, bukan hitungan dalam pengertian menghitung satu per satu ayat dalam
perspektif ilmu addul-ayi. Kedua, jumlah 6.236 bukanlah
jumlah satu-satunya ayat Al-Qur’an yang “paling benar”, namun hal itu adalah
pilihan riwayat.
Sebab jumlah
hitungan ini sangat terkait erat dengan periwayatan dan qira’ah. Seperti yang
terjadi di Mushaf al-Jamahiriyah Libya yang lebih memilih menggunakan qira’ah
Qalun dari Imam Nafi dengan hitungan ayat Madani awal (6.217 ayat).
Dengan
demikian, terkait kepastian jumlah ayat-ayat dalam Al-Qur’an tidak ada yang
“paling benar” dan “paling salah”. Selama hal itu argumentatif dan didasarkan
pada periwayatan dan pilihan yang bertanggung jawab, semua dapat dimungkinkan,
meski pun tidak dapat disangkal sebuah pendapat barangkali “lemah” (marjuh) secara
metodologis. Diskusi terkait khilafiyah jumlah ayat tidak
selamanya harus bersepakat dalam kesamaan atau pun saling mencaci dalam
ketidaktahuan! Wallahu a’lam.
Lebih jelasnya mari kita hitung dengan calculator mulai
dari surah Fatihah sampai surat AnNas.
NO. SURAH
|
NAMA SURAH
|
JUMLAH AYAT
|
1
|
7
|
|
2
|
286
|
|
3
|
200
|
|
4
|
176
|
|
5
|
120
|
|
6
|
165
|
|
7
|
206
|
|
8
|
75
|
|
9
|
129
|
|
10
|
109
|
|
11
|
123
|
|
12
|
111
|
|
13
|
43
|
|
14
|
52
|
|
15
|
99
|
|
16
|
128
|
|
17
|
111
|
|
18
|
110
|
|
19
|
98
|
|
20
|
135
|
|
21
|
112
|
|
22
|
78
|
|
23
|
118
|
|
24
|
64
|
|
25
|
77
|
|
26
|
227
|
|
27
|
93
|
|
28
|
88
|
|
29
|
69
|
|
30
|
60
|
|
31
|
34
|
|
32
|
30
|
|
33
|
73
|
|
34
|
54
|
|
35
|
45
|
|
36
|
83
|
|
37
|
182
|
|
38
|
88
|
|
39
|
75
|
|
40
|
85
|
|
41
|
54
|
|
42
|
53
|
|
43
|
89
|
|
44
|
59
|
|
45
|
37
|
|
46
|
35
|
|
47
|
38
|
|
48
|
29
|
|
49
|
18
|
|
50
|
45
|
|
51
|
60
|
|
52
|
49
|
|
53
|
62
|
|
54
|
55
|
|
55
|
78
|
|
56
|
96
|
|
57
|
29
|
|
58
|
22
|
|
59
|
24
|
|
60
|
13
|
|
61
|
14
|
|
62
|
11
|
|
63
|
11
|
|
64
|
18
|
|
65
|
12
|
|
66
|
12
|
|
67
|
30
|
|
68
|
52
|
|
69
|
52
|
|
70
|
44
|
|
71
|
28
|
|
72
|
28
|
|
73
|
20
|
|
74
|
56
|
|
75
|
40
|
|
76
|
31
|
|
77
|
50
|
|
78
|
40
|
|
79
|
46
|
|
80
|
42
|
|
81
|
29
|
|
82
|
19
|
|
83
|
36
|
|
84
|
25
|
|
85
|
22
|
|
86
|
17
|
|
87
|
19
|
|
88
|
26
|
|
89
|
30
|
|
90
|
20
|
|
91
|
15
|
|
92
|
21
|
|
93
|
11
|
|
94
|
8
|
|
95
|
8
|
|
96
|
19
|
|
97
|
5
|
|
98
|
8
|
|
99
|
8
|
|
100
|
11
|
|
101
|
11
|
|
102
|
8
|
|
103
|
3
|
|
104
|
9
|
|
105
|
5
|
|
106
|
4
|
|
107
|
7
|
|
108
|
3
|
|
109
|
6
|
|
110
|
3
|
|
111
|
5
|
|
112
|
4
|
|
113
|
5
|
|
114
|
6
|
|
T O T AL
|
6236
|
Maka jumlah ayat di dalam al-Qur’an adalah 6,236.
Bagaimana dengan berpendapat 6.666 ? Kita tidak perlu menyalahkan dan kita
harus husnud dhan.
Perbedaan bilangan ayat di antara dua jumlah tersebut (6,236 dan 6,666) adalah 430 Perbedaannya besar.
Di manakah pula tersimpannya ayat-ayat yang berlebihan itu?
- kenapa bisa terjadi kelebihan 430 ayat…?
- apakah angka 430 ini sebuah kesalahan atau ada pesan yang tidak tersampaikan…..?
Perbedaan bilangan ayat di antara dua jumlah tersebut (6,236 dan 6,666) adalah 430 Perbedaannya besar.
Di manakah pula tersimpannya ayat-ayat yang berlebihan itu?
- kenapa bisa terjadi kelebihan 430 ayat…?
- apakah angka 430 ini sebuah kesalahan atau ada pesan yang tidak tersampaikan…..?
Mari kita
sikapi perbedaan sebanyak 430 dengan beefikir
positif dan perhitungan yang sangat matang……????? Dan bisa dikompromikan.
Sebenarnya
pesan angka 6666 tersebut kurang lebih seperti ini :
“Hai
orang umat muslim pelajarilah 6236
ayat al qur’an sebagai pedoman hidupmu,
dan jadikanlah 430 sebagai suri tauladan dalam tingkah-lakumu sehari-hari”
Lalu
bukankah suri tauladan kita Muhammad SAW…? Bagaimana dengan angka 430 ?.
Jadi 430 = Muhammad saw.
Jadi 430 = Muhammad saw.
Coba kita
perhatian, kata Muhammad ( محمد ) terdiri dari huruf “mim, ha, mim, da”
sekarang kita larikan ke surat
mim huruf ke 24 —–> surat ke 24 jumlah ayat 64
ha huruf ke 6 ——-> surat ke 6 jumlah ayat 165
mim huruf ke 24 —–> surat ke 24 jumlah ayat 64
da huruf ke 8 ——-> surat ke 8 jumlah ayat 75
sekarang kita larikan ke surat
mim huruf ke 24 —–> surat ke 24 jumlah ayat 64
ha huruf ke 6 ——-> surat ke 6 jumlah ayat 165
mim huruf ke 24 —–> surat ke 24 jumlah ayat 64
da huruf ke 8 ——-> surat ke 8 jumlah ayat 75
Kalau kita
jumlahkan nomor surat dan jumlah ayat……
24 + 64 = 88
6 + 165 = 171
24 + 64 = 88
8 + 75 = 83
——+
430
jadi huruf Muhammad itu berjumlah 430, Apakah angka di atas sebuah kebetulan atau berdasarkan perhitungan yang tepat ? Sungguh maha luar biasa Allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yang cermat dan akurat.
24 + 64 = 88
6 + 165 = 171
24 + 64 = 88
8 + 75 = 83
——+
430
jadi huruf Muhammad itu berjumlah 430, Apakah angka di atas sebuah kebetulan atau berdasarkan perhitungan yang tepat ? Sungguh maha luar biasa Allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yang cermat dan akurat.
Dari dua
sudut pandang diatas, terserah Anda condong ke perhitungan yang mana, kita
kembalikan pada kepercayaan masing – masing. Jangan mengusik dan jangan
mengganggu.
An Nasafi dalam kitab Majmu al Ulum wa Mathli’u an Nujum dan dikutip oleh
Imam Ibn ‘Arabi dalam mukaddimah al-Futuhuat al Ilahiyah menyatakan jumlah
huruf-huruf dalam Al Qur’an diurut sesuai dengan banyaknya:
Huruf
|
Jumlah
|
Huruf
|
Jumlah
|
Alif
Ba’
Ta’
Mim
Ya’
Nun
Tsa’
Qof
Dal
Dzal
Jim
Ra’
Dladl
Kha’
Dzal
|
48740
11420
1404
28922
25717
17000
10480
8099
5998
4934
3322
2206
1822
1503
842
|
Lam
Ha’
Waw
Lam Alif
Fa’
A’in
Kaf
Sin
Ha
Shad
Syin
Zai
Ghon
Tha’
|
33922
26925
25506
14707
9813
9470
8022
5799
4138
2780
2115
1680
1229
1204
|
Jumlah total semua huruf dalam al-Qur’an
sebanyak 1.027.000 (satu juta dua puluh tujuh ribu). Jumlah total ini sudah
termasuk jumlah huruf ayat yang di-nusakh
Para peneliti terdahulu sudah mencatat, bahwa surat-surat yang dibuka
dengan huruf-huruf ‘muqaththa’ah’ berjumlah 29 surat, sementara jumlah huruf
‘hijaiyah’ Arab ditambah dengan huruf “Hamzah” juga berjumlah 29 huruf hal ini
dengan sudut pandang bahwa Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar